:::: MENU ::::
  • Suitable for all screen sizes

  • Easy to Customize

Minggu, 20 September 2015

1. Gambarkan 3 model komunikasi.


2. Berikan contoh sederhana dari tiap model komunikasi yang saudara lakukan dalam keseharian!

Jawab:
- Komunikasi Linier : saya menjelaskan materi kepada seluruh mahasiswa sistem informasi
melalui power point. Disini saya sebagai komunikator yang memberikan informasi atau
Materi satu arah kepada seluruh Mahasiswa yang berperan sebagai komunikan .

- Interaksional : Penyuluhan Bahaya seks bebas
Saya dalam acara penyuluhan yang memberikan informasi kepada anak SMP tentang
Bahaya seks bebas .Dalam hal ini saya sebagai komunikator yang memberikan pesan
penyuluhan untuk menghindari seks bebas ,dan anak SMP sebagai kominikan .Dalam
penyuluhan itu terjadi feedback berupa pertanyaan dari anak SMP ke saya sebagai penyuluh
,saya pun menjawab ,kegiatan itu terjadi terus-menerus hal itu termasuk rentang sebabakibat
.Sebabnya saya memberikan bimbingan kepada anak SMP ,dan akibat anak
mengetahui informasi mengenai cara menghindar dari seks bebas .

- Komunikasi Transaksional
Proses transaksional di salon.
Saya datang ke salon untuk potong rambut. saya dan tukang potong disini bisa menjadi komunikator atau komunikan .Saat saya menjadi komunikator ,berarti tukang potong menjadi komunikan . Saya memberikan informasi bahwa ingin memotong rambut model apa dan tukang potong mendengarka apa yang diinginkan oleh pelanggan .Sedangkan saat tukang potong menjadi komunikator memberikan harga kepada saya/pelanggan .Dan saya/pelanggan mendengarkan dan melaksanaka apa yang dikatakan tukang potong .

3. Model manakah yang paling baik untuk menjelaskan komunikasi interpersonal yang saudara alami dalam permasalahan?

Jawab: Model Transaksional, karena masing-masing perilaku bisa menjadi dua peran yaitu sebagai komunikator dan komunikan. Dalam komunikasi tersebut keduanya saling berinteraksi menyampaikan gagasan atau ide masing-masing. Sehingga dalam proses interaksi mudah dipahami dan dilakukan.


1 komentar:

A call-to-action text Contact us